12/20/2016

Penggunaan Media Pembelajaran Matematika untuk Siswa SD Kelas 1


Naskah
[Keluar dari ruang kuliah dengan lelah, kemudian duduk disalah satu bangku yang ada]
Ira : Aduh, kenapa sih siswa-siswa aku masih belum ngerti tentang bilangan. Padahal, aku udah sering banget ngajarin. Cerita ke siapa, ya? Oh, ya. Wahyu, Wahyu. [Mencari, kemudian mengambil telpon genggam] Halo, wahyu.
Wahyu : Iya, halo.
Ira: Lagi sibuk, gak?
Wahyu : Gak nih, kenapa?
Ira : Ini nih. Aku mau cerita, lagi galau banget.
Wahyu : Galau kenapa?
Ira : Siswa-siswa aku, kamu tahu kan, aku ngajar buat kelas 1 SD, sekarang tuh lagi materi tentang bilangan dan mereka tuh gak ngerti. Bilangan yang kaya membilang, mengeja huruf, terus mengoperasikan penjumlahan, pengurangan, yang kaya gitu gitu.
Wahyu : Iya.
Ira : Iya, jadi mereka tuh bingung gitu, gak ngerti. Susah banget deh ngajarinnya. Kamu ada saran gak buat bantu aku?
Wahyu : Haduh, gimana ya? Aku belum pernah pegang anak kelas 1 SD, euy. Nanti aku coba tanyain ke temen aku deh, ya. Siapa tahu dia tahu.
Ira : Oh, iya deh. Boleh, boleh, boleh. Iya, tanyain ya ke temen kamu.
Wahyu : Iya, iya. Nanti aku tanyain, ya. Dadah.
Ira : Makasih, ya. Ok deh, dadah.

[Keluar dari toilet dan melihat Tyas sedang duduk sendirian]
Wahyu : Eh, Tyas.
Tyas : Halo, Wahyu.
Wahyu : Lagi ngapain?
Tyas : Lagi nungguin dosen, nih.
Wahyu : Mau ngapain? Mau bimbingan?
Tyas : Iya. Kamu abis darimana?
Wahyu : Biasa, kuliah.
Tyas : Temenin aku disini, ya. Nungguin dosen, tuh.
Wahyu : Iya, boleh, lah.
Tyas : Sebentar, ya.
Wahyu : Iya. [Hening] Iyas.
Tyas : Apa?
Wahyu : Tau, gak?
Tyas : Tau apa?
Wahyu : Temen aku lagi bingung.
Tyas : Bingung, kenapa?
Wahyu : Gini, ya. Dia tuh ngajar. Nah, anak-anaknya tuh pada gak ngerti gitu. Pada kebingungan.
Tyas : Emang gimana cara temen kamu ngajar?
Wahyu : Ya, ngajar biasa gitu. Ngejelasin, terus nulis di papan tulis gitu. Ya, kaya biasa gitu, lah.
Tyas : Ceramah maksudnya?
Wahyu : Iya, gitu.
Tyas : Mungkin bisa dicoba pakai media pembelajaran kali, ya. Biar lebih menarik gitu, biar anaknya gak cepet bosen.
Wahyu : Media pembelajaran? Media pembelajarannya kaya gimana? Sesuai gak sama materi yang diajarin sama temen aku?
Tyas : Emang temen kamu lagi ngajarin tentang apa, sih?
Wahyu : Tentang bilangan bulat gitu deh kalo gak salah, materinya.
Tyas: Kayanya aku punya deh media pembelajaran tentang bilangan bulat gitu.
Wahyu : Oh iya? Bener? Ada sekarang?
Tyas : Ada di rumah tapi. Ntar deh kita ketemuan lagi aja, ya.
Wahyu : Kalo gitu sekalian aja aku kenali kamu sama temen aku. Boleh? Sip.

[Berjalan ke arah kurikulatorium. Mencari buku untuk bahan referensi. Dan mengeluarkan telpon genggam untuk memberi kabar pada Ira, bahwa tidak bisa bertemu karena perlu mengerjakan skripsi]

[Wahyu mengirimkan nomor Tyas karena tidak dapat bertemu dengan Ira]
Ira : Ih, nomornya udah dikirim nih sama si Wahyu. Telpon, ah. [Menelpon Tyas] Halo.
Tyas : Iya, halo.
Ira : Ini tyas?
Tyas : Iya, ini dengan Tyas. Ini dengan siapa, ya?
Ira : Ini Ira, temennya Wahyu.
Tyas : Oh, iya Ira. Kemaren Wahyu udah cerita tentang kamu. Katanya kamu punya kesulitan ngajar bilangan gitu, ya?
Ira : Iya. Dia cerita kamu punya media yang bisa bantu siswa gitu. Bisa ketemuan gak sekarang?
Tyas : Hari ini mau ketemuan dimana?
Ira : Di parkiran timur JICA, tahu gak?
Tyas : Oh iya, iya, tahu. Mau jam berapa, ya?
Ira : Em, 15 menit lagi deh.
Tyas: Boleh, boleh.
Ira : Ok, makasih, ya.
Tyas : Iya, sama-sama.

[Ira sibuk memeriksa telpon genggam, Tyas berjalan ke arah parkiran timur JICA]
Tyas : Eh, ini Ira, ya?
Ira : Eh, iya. Ini Tyas temennya Wahyu?
Tyas : Iya.
Ira : Oh, hai.
Tyas : Hai.
Ira : Medianya mana?
Tyas : Medianya berat, besar gitu, jadi agak susah dibawanya.
Ira : Oh. Mau nanya dong, nama medianya apa, sih?
Tyas : Medianya tuh namanya Domat.
Ira : Kegunaannya buat apa aja emang?
Tyas : Kalo dari desainnya sih, kaya buat mencacah, membilang, terus operasi hitung gitu, penjumlahan, pengurangan. Tapi, terbatas sampai bilangan 15 dan bilangan bulat positif aja. Gapapa?
Ira : Gapapa. Cocok banget tuh sama aku. Lagian juga mereka kan masih kelas 1 SD, jadi belajarnya juga masih yang awal-awal gitu, kan. Jadi, 15 juga cukup, kok. Em, cara penggunaannya gimana, ya?
Tyas : Kalo cara penggunaannya sih simpel aja, ya. Cuman, kan disitu ada angka-angka kaya gitu, terus tinggal digantungin aja di tempatnya dan kalo operasi penjumlahan, pengurangan, pake donat gitu, kan. Namanya kan donat, domat gitu. Jadi ada donat-donat gitu. Terus, dimasukin ke ring-ring gitu, ke tiangnya gitu.
Ira : Oh.
Tyas : Tapi, lebih lengkapnya, [memberikan flashdisk]
Ira : [Menerima flashdisk] Oh, jadi filenya ada disini?
Tyas : Iya, nama filenya Domat, ya.
Ira : Ok. Nanti aku hubungin kamu, deh. Buat, jelasnya kapan aku butuh Domatnya sama gimana cara ngambilnya. Boleh minta nomor kamu, gak? [Memberikan telpon genggam pada Tyas]
Tyas : Boleh, boleh. [Mengetikkan nomor] Ini, nanti hubungin aja. Aku aktif line, kok.
Ira : Ok, siap. Makasih, ya.

[Mengirimkan pesan kepada Tyas]

No comments:

Post a Comment